Rabu

DISIPLIN DIRI

Disiplin dalam trading itu mutlak hukumnya. Setiap bisnis selalu ada plan atau rencana dalam

operasinalnya sehari-hari. Demikian juga dengan trading, anda pasti punya plan yang harus anda jalankan. Contoh Plan adalah sebagai berikut:


1. Saya hanya menggunaan periode M30 saja,

2. Setiap posisi yang saya ambil saya pasang TP 10,

3. Setiap open posisi selalu ada Stop Loss (SL) 50 pips,

4. Indocator yang digunakan adalah Parabolic SAR,

5. Hanya mengambil posisi pada SAR pertama,

6. Hanya menggunaan margin 10% saja.

Itulah contoh plan. Nah sekarang anda juga harus membuat plan. Lalu anda harus mengikuti plan anda dengan disiplin. Banyak sekali trader merasakan kehancurannya karena tidak disipilin. Mereka mengakuinya. Misalnya mereka tau kalau tidak boleh ambil posisi pada SAR kedua, tapi itu mereka lakukan juga karena menurutnya saat itu harga masih bagus.

Anda sulit untuk sukses dalam trading kalau anda tidak mengikuti plan anda dengan disiplin. Suatu ketika anda akan kebingungan sendiri ketika terjadi hal-hal yang tidak anda inginkan akibat ketidak disipinan anda. Contoh nyata dan banyak dialami oleh para trader adalah memakai margin melebihi 10%. Ketika terjadi floating maka saat itu juga muncul dilema.


Pertama, floating membuat modal berkurang drastis karena margin yang digunakan besar. Kedua, floating besar sangat menakutkan kalauharus di cut loss (dibuang). Oleh karena itu untuk contoh diatas, patuhlah pada semua aturan yang anda buat.

Dilema di atas tidak akan terjadi jika saja anda tidak melanggar plan nomor 3 dan nomor 6.

Intinya apapun strategi anda, apapun indicator yang anda gunakan, disiplinlah dan konsisten dengan strategi anda itu. Ketika ternyata strategi anda berjalan dengan baik, maka jangan anda ubah strategi anda itu. Jangan mudah mengubah strategi karena --mungkin-- banyaknya opini. Selamat berdagang...!

Semoga Sukses,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar